ADS

Jika Data Info PTK Sudah Valid Kemudian Kembali Invalid, Ini Lho Penyebabnya

On September 03, 2017 with No comments

Jika Operator Sekolah Dapodik mendapatai permasalahan data entri dapodik yang di upload Operator Tunjangan Disdik khusus lewat aplikasi Backup Sinkron Dapodik (BSD) Invalid.
cara memperbaiki data merah pada lembar infoptk
contoh data invalid

Data Invalid setelah Sinkron BSD ?

Bagaimana tidak awalnya data mereka setelah terupdate BSD data inputan yang tercermin di Lembar Info PTK atau Cek Data Guru Hasilnya Normal atau valid sesuai hasil entri data dapodiknya namun beberapa hari kemudian data kembali invalid seorang atau beberapa ptk menjadi invalid di tandai dengan kosong dan/atau menjadi merah pada tulisannya seperti gambar di bawah
Hal ini disebabkan oleh server di P2TK yangsedang melakukan Replika dan analisa data seperti yang di jelaskan oleh Ibnu Aditya Karana lewat akun jejaring sosialnya.
"P2TK sedang melakukan replikasi ke Server Dapodik dan sedang dilakukan analisa terhadap data berdasarkan hasil sinkronisasi (bukan berdasarkan BSD lagi). Tampilan Info PTK Masih Unstabil atau tidak stabil dan tetap dipublish untuk melihat sejauh mana analisa data yang menggunakan sinkronisasi ". tegasnya
Beliau menambahakan, Ibnu Aditya Karana, Staff Database Management di Direktorat P2TK Dikdas memberikan tips atau solusi bagi Operator Sekolah (OPS):
  1. Kalau data di Info PTK sudah valid (dan sudah dapat SK Aneka Tunjangan), maka abaikan saja ketidaknormalan tersebut.
  2. Kalau mau melakukan perbaikan data, karena memang sebelumnya data di Info PTK juga belum valid, maka lakukan perbaikan data tersebut melalui Aplikasi Dapodik versi 207c dan lakukan sinkronisasi seperti dulu lagi. jadi jangan pernah lagi kirim data BSD melalui Aplikasi Simtun maupun email.
Setelah melakukan sinkronisasi dengan versi 207, tampilan di Info PTK masih belum berubah sesuai data yang terbaru. Dikarenakan ;
"Untuk lembar info PTK sementara ini P2TK sedang melakukan replikasi ke Server Dapodik dan sedang dilakukan ANALISA terhadap data berdasarkan hasil sinkronisasi"

Dapodik versi 207c

Bagaimana jika data belum valid dengan cara apa perbaikannya, sinkronisasi adalah jalur saat ini tak untuk BSD sudah diyakinkan akan ditutup karena sifatnya hanya sementara. Jelasnya Bagi sekolah berikut Wajib Sinkronisasi dengan dapodikdas versi 207c:
  1. Bagi yang belum melakukan sinkronisasi hanya melalui BSD maka wajib melakukan syncronisasi dengan dapodikdas 207c.
  2. Perbaikan data jika terjadi masih tidak valid juga lewat jalur Sinkronisasi.
Semoga dapat membantu Saudara Operator Sekolah dan silahkan Share kepada group-group operator sekolah, mungkin saja mereka sedang mengalami permasalahan di atas.

Silahkan cek kembali lembar infoptk anda untuk memastikan kekurangan atau kesalahan anda sudah berubah atau masih tetap sama dengan mengklik (Cek Info PTK Terbaru Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016)
Sumber : Infoptk.com
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »